TAUTAN Unduhan
SIMULASI APLIKASI UNBK
Link Download Simulasi / latihan UNBK SMA offline di komputer anda sendiri:
Pilih Link berikutSMA IPA : Biologi Kimia Fisika Matematika
SMA IPS : GEOGRAFI SOSIOLOGI EKONOMI
Download Semua filenya
LINK BAHAN Tugas Proyek Bioteknologi
https://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/p/hasil-gambar-untuk-poc-dalam-drum.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/p/mikroba-sebagai-fertilizerorganik.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.html
LINK Penting Pembelajaran
QUIZIZZ Kunjungi: quizizz.com
Bagi teman guru, tips agar kita bisa motivasi siswa belajar dengan gadget nya. Klik
Quiziz : https://quizizz.com/admin/quiz/5ddb6e84505270001d640153Quizizz untuk Guru dan Siswa
dan cotohnya :https://quizizz.com/quiz/5ddb6e84505270001d640153/edit?source=admin&fbclid=IwAR1_sVZFKlRlcE_ZYhheW-G8QXNSaXiyeWX5e3ft1CyxCOHu1K9-fycfSUo
Tutorial Lengkap Quzizz
Tautan Bahan Pustaka Bioteknologi (Proyek Siswa)
LINK PENTING PANDUAN SISWA https://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.html
LINK Materi dan Soal BIOTEKNOLOGI UNBK
Indikator 38
Indikator 39
Indikator-40
PANDUAN TUGAS PROYEK BIOTENOLOGI
.................................................By MS........................................................... |
Link Download Simulasi / latihan UNBK SMA offline di komputer anda sendiri:
Pilih Link berikut
SMA IPA : Biologi Kimia Fisika Matematika SMA IPS : GEOGRAFI SOSIOLOGI EKONOMI
Download Semua filenyaLINK PENTING FILE PENDUKUNG : Tugas Proyek Bioteknologi
https://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/p/hasil-gambar-untuk-poc-dalam-drum.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/p/mikroba-sebagai-fertilizerorganik.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.html
PANDUAN PENILAIAN PROYEK BIOTENOLOGI
RUBRIK PENILAIAN
PRODUK
Nama : Kelompok :
NIS : ________________________ Kelas :
No | Kunci Penilaian | Pedoman penskoran | |||||||||||||||||||
1 | Produk MOL yang dihasilkan : - Bahan sesuai, ada dua jenis - Memamfaatkan limbah - Berbau fermentative - Ada deskripsi Bahan dan mikroba kandungannya - Kemasan baik, aman - Sudah dicoba digunakan starter untu POC |
| |||||||||||||||||||
2 | Produk POC yang dihasilkan : - Kandungan bahan unsur N dan P - Kandungan bahan unsur K dan senyawa hormone / ZPT - Memamfaatkan limbah sendiri - Kemasan baik, aman dan - Ada deskripsi POC - Sudah dicoba digunakan | Skor | Keterangan | ||||||||||||||||||
6 | benar sesuai 6 kata kunci | ||||||||||||||||||||
5 | benar sesuai 5 kata kunci | ||||||||||||||||||||
4 | benar sesuai 4 kata kunci | ||||||||||||||||||||
3 | benar sesuai 3 kata kunci | ||||||||||||||||||||
2 | benar sesuai 2 kata kunci | ||||||||||||||||||||
1 | benar sesuai 1 kata kunci | ||||||||||||||||||||
0 | Tidak melakukan / tidak sesuai kata kunci | ||||||||||||||||||||
3 | Dokumentasi dan Kelengkapan - Ada Foto kegiatan 3 fase - Siswa berkontribusi efektif - Ada instalasi POC sederhana - Ada selang gas buang |
|
INSTRUMEN 2. PENGAMATAN SIKAP PESERTA DIDIK
No. | Nama | Sikap | ||||
Kedisiplinan | Kerjasama | Ketekunan | Jujur terhadap data/informasi | Tanggung jawab | ||
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 4.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten
INSTRUMEN 3. PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK
Nama : Kelompok :
NIS : ________________________ Kelas :
Jawablah pertanyaan berikut tentang dirimu dengan jujur! Beri centang ya atau tidak,
No | Pertanyaan | Respon | |
Ya | Tidak | ||
1. | Apakah Anda dapat bekerjasama dengan kelompok Anda dalam mengerjakan tugas? | ||
2. | Apakah Anda aktif bertanya selama pembelajaran? | ||
3. | Apakah Anda menggunakan data/ bukti yang jelas untuk mendukung pendapat Anda? | ||
4. | Apakah Anda mengobrol sendiri ketika teman Anda mempresentasikan hasil tugasnya? |
Rubrik penilaian diri:
Rentangan nilai yang digunakan antara 1 dan 2. Jika jawaban YA maka diberi skor 2, dan jika jawaban TIDAK maka diberi skor 1. Kriteria penilaianya adalah jika rentang nilai antara 1-4 kurang positif dan 5-8 positif.
INSTRUMEN 4. PENILAIAN ANTAR TEMAN PESERTA DIDIK
Nama Teman 1 : Jabatan Kelompok :
Nama Teman 2 : ________________________ Jabatan Kelompok :
Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur! Tentang teman mu.
No | Pertanyaan | Teman1 | |
Ya | Tidak | ||
1. | Apakah Anda dapat bekerjasama dengan kelompok Anda dalam mengerjakan tugas? | ||
2. | Apakah Anda aktif bertanya selama pembelajaran? | ||
3. | Apakah Anda menggunakan data/ bukti yang jelas untuk mendukung pendapat Anda? | ||
4. | Apakah Anda mengobrol sendiri ketika teman Anda mempresentasikan hasil tugasnya? |
Rubrik penilaian diri:
Rentangan nilai yang digunakan antara 1 dan 2. Jika jawaban YA maka diberi skor 2, dan jika jawaban TIDAK maka diberi skor 1. Kriteria penilaianya adalah jika rentang nilai antara 1-4 kurang positif dan 5-8 positif.
INSTRUMEN 4. TEKNIK PENILAIAN PROYEK
Matapelajaran :
Nama :
NIS : Kelompok :
Kelas :
No | Aspek | Skor(1-4) | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | PERENCANAAN: a. Perumusan judul b. Rumusan masalah c. Kesuaian kerangka kerja d, Sumber bacaan dan acuan kegiatan Komponen STEM e Sains f. Teknologi g, Enginering h. Math and Logic | ||||
2 | PELAKSANAAN: a. Persiapan Rubrik, Alat dan Bahan b. Keakuratan pengerjaan sesuai SOP c. Keakuratan Sumber Data / Informasi d. Evaluasi data dan Penanganan perubahan diluar SOP e. Waktu, f. Biaya dan Efisiensi Kerja | ||||
3 | LAPORAN PROYEK/ Penyajian a. Sistematika Penulisan b. Keakuratan Data / Informasi c. Evaluasi d. Dokumentasi e. Performans dan Presentasi | ||||
TOTAL SKOR |
RUBRIK PENILAIAN PROYEK
No | Aspek | Deskripsi | Pedoman penskoran | |||
1 | Perencanaan | |||||
a. Perumusan Judul | Apakah judul laporan menarik? Apakah judul sudah mewakili isi? | Skor | Keterangan | |||
4 | Sangat sesuai | |||||
3 | Sesuai | |||||
2 | Kurang sesuai | |||||
1 | Tidak sesuai | |||||
b. Rumusan Masalah | Kreatifitas dan kesesuaian dengan subtopik yang dipilih. | Skor | Keterangan | |||
4 | Sangat sesuai | |||||
3 | Sesuai | |||||
2 | Kurang sesuai | |||||
1 | Tidak sesuai | |||||
c. Sumber Penelitian | Pemilihan narasumber yang akan diwawancarai, tempat yang akan didatangi, dan buku-buku yang akan dibaca. | Skor | Keterangan | |||
4 | Sangat sesuai | |||||
3 | Sesuai | |||||
2 | Kurang sesuai | |||||
1 | Tidak sesuai | |||||
2 | Pelaksanaan | |||||
a. Sistematika Penulisan | Apakah susunan laporan sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan? | Skor | Keterangan | |||
4 | Sangat sesuai | |||||
3 | Sesuai | |||||
2 | Kurang sesuai | |||||
1 | Tidak sesuai | |||||
b. Keakuratan Sumber Data/Informasi | Kesesuaian informasi, kelengkapan data, bukti pelaksanaan (misalnya foto). | Skor | Keterangan | |||
4 | Sangat sesuai | |||||
3 | Sesuai | |||||
2 | Kurang sesuai | |||||
1 | Tidak sesuai | |||||
c. Evaluasi Data | Bisa menarik kesimpulan dari data yang diperoleh, yaitu dampak yang | Skor | Keterangan | |||
4 | Sangat sesuai | |||||
3 | Sesuai |
No | Aspek | Deskripsi | Pedoman penskoran | |||
ditimbulkan dan upaya penanganannya. | 2 | Kurang sesuai | ||||
1 | Tidak sesuai | |||||
3 | Laporan Proyek | |||||
a. Performans | Kelengkapan laporan dan pemilihan metode presentasi, apakah menggunakan slide presentasi, pemodelan, drama, pameran, dan metode yang lain | Skor | Keterangan | |||
4 | Sangat sesuai | |||||
3 | Sesuai | |||||
2 | Kurang sesuai | |||||
1 | Tidak sesuai | |||||
b. Evaluasi | Hasil evaluasi kelompok selama pelaksanaan tugas hingga presentasi. | Skor | Keterangan | |||
4 | Sangat sesuai | |||||
3 | Sesuai | |||||
2 | Kurang sesuai | |||||
1 | Tidak sesuai |
WORKSHEET
Kelompok : ________________
Topik atau Judul Proyek /penelitian:
Anggota kelompok:
Peran masing-masing anggota:
Apa yang ingin kami ketahui? (Rumusan Masalah)
Apa yang akan kami lakukan? (Metode, Sumber data/Informasi)
FORMAT ARTIKEL
(LAPORAN BIOTEKNOLOGI KELAS XII IPA)
JUDUL: 10-15 KATA, BESAR SEMUA, CENTER, TIMES NEW ROMAN 12
Nama Authors: Besar Kecil, bold, center CAMBRIA MATH 10, Nama Belakang Jangan di Singkat
Jurusan Biologi-FMIPA Universitas Negeri Surabaya
ABSTRACT
Abstrak memuat intisari artikel, berisi pendahuluan (tujuan), metode, hasil dan ringkasan
diskusi (kesimpulan). Boleh ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Abstrak tidak boleh lebih dari 250 kata. Absbrak dan kata kunci itulis dengan CAMBRIA MATH 11, spasi (jarak antarbaris) tunggal, italic. --------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------
Key words : bila bahasa Indonesia disebut kata kunci, berisi 3-5 kata atau frase penting terkait isi artikel
PENDAHULUAN (Cambria 12, BOLD, RATA TEPI KIRI)
Berisi uraian tentang apa penelitian Anda dan mengapa proyek/penelitian itu dilakukan. Uraian ini didukung dengan kajian pustaka yang berupa data-data dari sumber lain, penelitian sejenis, atau pengalaman praktik orang lain sebelumnya.------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ditulis sepanjang 3-4 paragraf. Cambria 12, jarak antar baris 1,5 ----------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------.
Di akhir paragraf terakhir dalam pendahuluan, dapat dituliskan tujuan penelitian baik secara ekspllisit maupun implisit----------------------------------------------------------------
METODE PENELITIAN /PROYEK (CAMBRIA MATH 12, BOLD, RATA TEPI)
Paragraf pertama berisi uraian tentang jenis penelitian, lokasi dan waktu penelitian. ---
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------
Paragraf kedua berisi alat penelitian, sasaran dan objek penelitian--------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------
Paragraf ketiga berisi prosedur/cara kerja penelitian --------------- Ditulis dengan
CAMBRIA MATH 12, jarak antar baris 1,5 -----------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------
HASIL KEGIATAN PROYEK (CAMBRIA MATH 12, BOLD, RATA TEPI)
Berisi paparan temuan penelitian. data yang sudah diolah dapat disusun dalam bentuk tabel atau gambar. Berikan uraian tentang tren yang paling menyolok dari tabel dan gambar tersebut, bukan menarasikan semua isi tabel. Tabel merupakan tabel terbuka, yaitu tanpa garis vertikal. Judul Tabel diletakkan di atas, sedangkan Judul Gambar diletakkan di bawah.
Gambar dan tabel diberi nomor urut, misalnya 1, 2, 3 dst.
Perbandingan Jumlah Emisi Biogas dan
Gas Elpiji
12
10
8
6 Jumlah ikan
4
2
0
Gambar 1. Perbandingan jumlah emisi biogas dan gas elpiji (Diketik dengan CAMBRIA MATH 11, jarak antarbaris 1)
Tabel 1. Emisi yang dihasilkan dan dampak yang ditimbulkan (Diketik dengan CAMBRIA MATH 11, jarak antarbaris 1)
No. Bahan Emisi Rumus Kimia Dampak yang ditimbulkan
1. Clorin HCLO3 Hujan asam, udara bau
2.
(Isi tabel CAMBRIA MATH 11, jarak antarbaris 1)
PEMBAHASAN (CAMBRIA MATH 12, BOLD, RATA TEPI)
Berisi analisis data. Uraikan temuan Anda untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Paparkan analisis Anda dengan mengaitkannya dengan literatur, hasil penelitian sebelumnya atau penelitian sejenis.
Ditulis dengan CAMBRIA MATH12, jarak antar baris 1,5 ------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KESIMPULAN (CAMBRIA MATH 12, BOLD, RATA TEPI)
Rumuskan simpulan berdasarkan hasil penelitian Anda. Simpulan harus sesuai dengan tujuan penelitian dan rumusan masalah. Ditulis dengan CAMBRIA MATH12, jarak antar baris 1,5
KEPUSTAKAAN DAN SUMBER REFERENSI
Tuliskan semua sumber yang Anda gunakan/acu secara langsung dalam penulisan artikel ini. Ditulis dengan CAMBRIA MATH12, jarak antar baris 1. Cara penulisan dapat melihat contoh berikut :
Alpen, 2011. Data Angin Untuk Perikanan Dibutuhkan. Diakses pada tanggal 5 Pebruary 2020 dari http://www.alpensteel.com/article/55-114-artikel-non-energi/186--data- angin-untuk-perikanan-dibutuhkan.html
Laily, Nur. 2006. Identifikasi Jenis-jenis Ikan Teleosteli yang Tertangkap Nelayan di Wilayah Perairan Pesisir Kota Semarang. Laporan Penelitian. Semarang
Medanbisnisdayli.com 2019. Kompos Organik Jadi Alternatif Petani Tobasa. diakses 25 Desember 2019 dari http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2018/03/19/341153/kompos_organik_jadi_alternatif_petani_tobasa/
Sitorus, M. 2019 Mikroba Baik Penyubur Tanah (Biofertilizer). Diakses pada tanggal 22 Januari 2020 dari https://sitorus-marubat.blogspot.com/p/mikroba-sebagai-fertilizerorganik.html
NOTES!
FORMAT LAPORAN = ARTIKEL
FORMAT: A4, batas kiri dan atas: 2,5 cm; batas kanan dan bawah: 2 cm. JUMLAH HALAMAN: ±10 halaman, Cover ditutup pastik transparan
Deskripsi setiap jenis dilampirkan; disertai dengan foto, klasifikasi, dan Deskripsi (ditulis dengan CAMBRIA MATH 10, jarak baris 1/tunggal)
ARTIKEL 1 eks asli DIKUMPULKAN SEBELUM PRESENTASI
Masuk ke Kelas biologi SMA N 1 Siantar Narumonda dari Link Klik disini
https://classroom.google.com/h dengan kode kelas :
MS IPA 4 Class code ilobzhq
https://classroom.google.com/u/0/c/NDk5ODYyMTgxMjVa
BACA JUGA!!!
Link Download Simulasi / latihan UNBK SMA
offline di komputer anda sendiri:
Pilih Link berikut
SMA IPA : Biologi Kimia Fisika Matematika
LINK PENTING FILE PENDUKUNG : Tugas Proyek Bioteknologi
https://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.html
https://sitorus-marubat.blogspot.com/p/hasil-gambar-untuk-poc-dalam-drum.html
https://sitorus-marubat.blogspot.com/p/mikroba-sebagai-fertilizerorganik.html
https://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.html
⇘
SOAL REMIDIAL METABOLISMEhttps://goo.gl/forms/L0DF01SZV3P8L52O2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih...