BIOLOGI


TAUTAN Unduhan

SIMULASI APLIKASI UNBK

Link Download Simulasi / latihan UNBK SMA offline di komputer anda sendiri: 

Pilih Link berikut
SMA IPA :      Biologi         Kimia        Fisika             Matematika  

SMA IPS :        GEOGRAFI   SOSIOLOGI   EKONOMI


Download Semua filenya




LINK BAHAN  Tugas Proyek Bioteknologi

https://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/p/hasil-gambar-untuk-poc-dalam-drum.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/p/mikroba-sebagai-fertilizerorganik.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.html 



LINK Penting Pembelajaran

QUIZIZZ  Kunjungi: quizizz.com

Bagi teman guru, tips agar kita bisa motivasi siswa belajar dengan gadget nya. Klik
Quiziz : https://quizizz.com/admin/quiz/5ddb6e84505270001d640153Quizizz untuk Guru dan Siswa

dan cotohnya :https://quizizz.com/quiz/5ddb6e84505270001d640153/edit?source=admin&fbclid=IwAR1_sVZFKlRlcE_ZYhheW-G8QXNSaXiyeWX5e3ft1CyxCOHu1K9-fycfSUo 

Tutorial Lengkap Quzizz










Tautan Bahan Pustaka Bioteknologi (Proyek Siswa)
LINK PENTING PANDUAN SISWA
https://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.html

LINK Materi dan Soal BIOTEKNOLOGI UNBK

Indikator 38
Indikator 39
Indikator-40

PANDUAN TUGAS PROYEK BIOTENOLOGI


.................................................By MS...........................................................
BACA JUGA LINK BERIKUT!!!!

Link Download Simulasi / latihan UNBK SMA offline di komputer anda sendiri: 

Pilih Link berikut
SMA IPA :      Biologi         Kimia        Fisika             Matematika  

SMA IPS :        GEOGRAFI   SOSIOLOGI   EKONOMI

Download Semua filenya
LINK PENTING FILE PENDUKUNG : Tugas Proyek Bioteknologi

https://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/p/hasil-gambar-untuk-poc-dalam-drum.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/p/mikroba-sebagai-fertilizerorganik.htmlhttps://sitorus-marubat.blogspot.com/2020/01/panduan-tugas-proyek-penerapan.html 


PANDUAN PENILAIAN PROYEK BIOTENOLOGI

RUBRIK PENILAIAN
PRODUK
Nama :                                                Kelompok :                                                         

NIS   ________________________ Kelas :                                                              


No
Kunci Penilaian
Pedoman penskoran
1
Produk MOL yang dihasilkan :
-          Bahan sesuai, ada dua jenis
-          Memamfaatkan limbah
-          Berbau fermentative
-          Ada deskripsi Bahan dan mikroba kandungannya
-          Kemasan baik, aman
-          Sudah dicoba digunakan starter untu POC
Skor
Keterangan
  6
benar sesuai 6 kata kunci
    5
benar sesuai 5 kata kunci
      4
benar sesuai 4 kata kunci

3
benar sesuai 3 kata kunci

2
benar sesuai 2 kata kunci

1
benar sesuai 1 kata kunci

0
Tidak melakukan / tidak
sesuai kata kunci
2
Produk POC yang dihasilkan :
-          Kandungan bahan unsur N dan P
-          Kandungan bahan unsur K dan senyawa hormone / ZPT
-          Memamfaatkan limbah sendiri
-          Kemasan baik, aman dan
-          Ada deskripsi POC
-          Sudah dicoba digunakan

Skor
Keterangan


6
benar sesuai 6 kata kunci

5
benar sesuai 5 kata kunci

4
benar sesuai 4 kata kunci

3
benar sesuai 3 kata kunci

2
benar sesuai 2 kata kunci

1
benar sesuai 1 kata kunci

0
Tidak melakukan / tidak
sesuai kata kunci

3
Dokumentasi dan Kelengkapan
-          Ada Foto kegiatan 3 fase
-          Siswa berkontribusi efektif
-          Ada instalasi POC sederhana
-          Ada selang gas buang


Skor
Keterangan
4
benar sesuai 4 kata kunci
3
benar sesuai 3 kata kunci
2
benar sesuai 2 kata kunci

1
benar sesuai 1 kata kunci

0
Tidak melakukan / tidak
sesuai kata kunci






INSTRUMEN 2. PENGAMATAN SIKAPESERTA DIDIK







No.





Nama
Sikap


Kedisiplinan


Kerjasama


Ketekunan


Jujur terhadap data/informasi


Tanggung jawab













































































































































Skala penilaian sikap dibuat dengarentang antara 1 s.d 4.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten


INSTRUMEN 3. PENILAIADIRI PESERTA DIDIK


Nama :                                                Kelompok :                                                          

NIS   ________________________ Kelas :                                                              

Jawablah pertanyaan berikut tentang dirimu dengan jujur! Beri centang ya atau tidak,


No

Pertanyaan
Respon
Ya
Tidak

1.
Apakah Anda dapabekerjasama dengan kelompok Anda dalam mengerjakan tugas?



2.
Apakah Anda aktif bertanya selama
pembelajaran?



3.
Apakah Anda menggunakan data/ bukti yang
jelas untuk mendukung pendapat Anda?



4.
Apakah Anda mengobrol sendiri ketika teman
Anda mempresentasikan hasil tugasnya?




Rubrik penilaian diri:
Rentangan nilai yang digunakaantara 1 dan 2. Jika jawaban YA maka diberi skor 2, dan jika jawabaTIDAK maka diberi skor 1. Kriteria penilaianya adalah jika rentang nilai antara 1-4 kurang positif dan 5-8 positif.


INSTRUMEN 4. PENILAIAANTAR TEMAN PESERTA DIDIK


Nama Teman 1 :                                                    Jabatan Kelompok :                         

Nama Teman 2   ________________________ Jabatan Kelompok :                        

Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur! Tentang teman mu.


No

Pertanyaan
Teman1
Ya
Tidak

1.
Apakah Anda dapabekerjasama dengan kelompok Anda dalam mengerjakan tugas?



2.
Apakah Anda aktif bertanya selama
pembelajaran?



3.
Apakah Anda menggunakan data/ bukti yang
jelas untuk mendukung pendapat Anda?



4.
Apakah Anda mengobrol sendiri ketika teman
Anda mempresentasikan hasil tugasnya?




Rubrik penilaian diri:
Rentangan nilai yang digunakaantara 1 dan 2. Jika jawaban YA maka diberi skor 2, dan jika jawabaTIDAK maka diberi skor 1. Kriteria penilaianya adalah jika rentang nilai antara 1-4 kurang positif dan 5-8 positif.


INSTRUMEN 4. TEKNIK PENILAIAN PROYEK




Matapelajaran :                                                                                                               

Nama :                                                                                                                           

NIS                                                             Kelompok :                                               

Kelas :                                                                                                                             




No
Aspek
Skor(1-4)
1
2
3
4
1
PERENCANAAN:
aPerumusan judul
b. Rumusan masalah
c. Kesuaian  kerangka kerja
d, Sumber bacaan dan acuan kegiatan
Komponen STEM
e Sains
f. Teknologi
g, Enginering
h. Math and Logic





2
PELAKSANAAN:
aPersiapan Rubrik, Alat dan Bahan
b. Keakuratan pengerjaan sesuai SOP
c. Keakuratan SumbeData / Informasi
d. Evaluasi data dan Penanganan perubahan diluar SOP
e. Waktu,
f. Biaya dan Efisiensi Kerja




3
LAPORAN PROYEK/ Penyajian
a.       Sistematika Penulisan
b.      Keakuratan Data / Informasi
c.       Evaluasi
d.      Dokumentasi
e.       Performans dan Presentasi




TOTAL SKOR






RUBRIK PENILAIAN PROYEK


No
Aspek
Deskripsi
Pedoman penskoran
1
Perencanaan



a. PerumusaJudul
Apakah judul laporan

menarik?

Apakah judul  sudah mewakilisi?

Skor
Keterangan

4
Sangat sesuai
3
Sesuai
2
Kurang sesuai
1
Tidak sesuai
b. Rumusan Masalah
Kreatifitas dakesesuaian

dengan subtopik yang dipilih.

Skor
Keterangan

4
Sangat sesuai
3
Sesuai
2
Kurang sesuai
1
Tidak sesuai
cSumber Penelitian
Pemilihan narasumber yang

akan diwawancarai, tempayanakan didatangi, dan buku-buku yang akan dibaca.

Skor
Keterangan

4
Sangat sesuai
3
Sesuai
2
Kurang sesuai
1
Tidak sesuai
2
Pelaksanaan



a.   Sistematika Penulisan
Apakah susunan laporan

sudah sesuai dengaaturayang ditetapkan?

Skor
Keterangan

4
Sangat sesuai
3
Sesuai
2
Kurang sesuai
1
Tidak sesuai
b.   Keakuratan Sumber

Data/Informasi
Kesesuaian informasi,

kelengkapadata, bukti pelaksanaan (misalnya foto).

Skor
Keterangan

4
Sangat sesuai
3
Sesuai
2
Kurang sesuai
1
Tidak sesuai
c.   Evaluasi Data
Bisa menarik kesimpulan

dari data yang diperoleh, yaitu dampak yang

Skor
Keterangan

4
Sangat sesuai
3
Sesuai


No
Aspek
Deskripsi
Pedoman penskoran


ditimbulkan dan upaya

penanganannya.

2
Kurang sesuai

1
Tidak sesuai
3
LaporaProyek



a.   Performans
Kelengkapan laporadan

pemilihan metode presentasi, apakah menggunakan slide presentasi, pemodelan, drama, pameran, dan metode yang lain

Skor
Keterangan

4
Sangat sesuai
3
Sesuai
2
Kurang sesuai
1
Tidak sesuai


b.   Evaluasi
Hasil evaluasi kelompok

selama pelaksanaan tugas hingga presentasi.

Skor
Keterangan

4
Sangat sesuai
3
Sesuai
2
Kurang sesuai
1
Tidak sesuai


WORKSHEET
Kelompok : ________________

Topik atau Judul Proyek /penelitian:






Anggota kelompok:














Peran masing-masing anggota:














Apa yang ingin kami ketahui? (Rumusan Masalah)














Apa yang akan kami lakukan? (Metode, Sumber data/Informasi)


FORMAT ARTIKEL
(LAPORAN BIOTEKNOLOGI KELAS XII IPA)

JUDUL: 10-15 KATA, BESAR SEMUA, CENTER, TIMES NEW ROMAN 12



Nama Authors: Besar Kecil, bold, center CAMBRIA MATH 10, Nama Belakang Jangan di Singkat
Jurusan Biologi-FMIPA Universitas Negeri Surabaya



ABSTRACT
Abstrak memuat intisari artikel, berisi pendahuluan (tujuan), metode, hasil dan ringkasan
diskusi (kesimpulan). Boleh ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Abstrak tidak boleh lebih dari 250 kata. Absbrak dan kata kunci itulis dengan CAMBRIA MATH 11, spasi (jarak antarbaris) tunggalitalic. --------------------------------------------------------------------------------------------------- ----------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- ------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------
Key words : bila bahasIndonesia disebut kata kunci, berisi 3-5 katatau frase penting terkait isi artikel



PENDAHULUAN  (Cambria 12, BOLD, RATA TEPI KIRI)

Berisi  uraian  tentang  apa penelitian  Anda  da mengapa  proyek/penelitian  itu  dilakukan. Uraian ini didukundengan kajian pustaka yang berupa data-data dari sumber lain, penelitian sejenis, atau pengalaman praktik orang lain sebelumnya.------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ditulis sepanjan3-4 paragraf. Cambria 12, jarak antar baris 1,5 ----------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------.

Di akhir paragraf terakhir dalam pendahuluan, dapat dituliskan tujuan penelitian baik secara ekspllisit maupun implisit----------------------------------------------------------------


METODE PENELITIAN /PROYEK (CAMBRIA MATH 12, BOLD, RATA TEPI)

Paragraf pertama berisi uraian tentang jenis penelitian, lokasi dan waktu penelitian. ---

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

------------------------

Paragraf kedua berisi alat penelitian, sasaran dan objek penelitian--------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------

Paragraf  ketiga  berisi  prosedur/cara  kerja  penelitia -------------- Dituli dengan

CAMBRIA MATH 12, jarak antar baris 1,5 -----------------------------------------------------------------------------

------------------------------------------------------------------



HASIL KEGIATAN PROYEK  (CAMBRIA MATH 12, BOLD, RATA TEPI)

Berisi paparan temuan penelitian. data yang sudah diolah dapat disusun dalam bentuk tabel atau gambar. Berikan uraian tentang tren yang paling menyolok dari tabel dan gambar tersebut, bukan menarasikan semua isi tabel. Tabel merupakan tabel terbuka, yaitu tanpa garis vertikal. Judul Tabel diletakkan di atas, sedangkan Judul Gambar diletakkan di bawah.
Gambar databel diberi nomor urut, misalnya 1, 2, 3 dst.


Perbandingan Jumlah Emisi Biogas dan
Gas Elpiji

12

10

8

6                                                                                                                                         Jumlah ikan

4

2

0

Gambar 1. Perbandingan jumlah emisi biogas dan gas elpiji (Diketik dengan CAMBRIA MATH 11, jarak antarbaris 1)


Tabel 1. Emisi yang dihasilkan dan dampak yang ditimbulkan (Diketik dengan CAMBRIA MATH 11, jarak antarbaris 1)


No.       Bahan Emisi              Rumus Kimia                         Dampak yang ditimbulkan
1.                        Clorin                   HCLO3                                                 Hujan asam, udara bau
2.














(Isi tabel CAMBRIA MATH 11, jarak antarbaris 1)



PEMBAHASAN (CAMBRIA MATH 12, BOLD, RATA TEPI)

Berisi analisis data. Uraikan temuan Anda untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Paparkan analisis Anda dengan mengaitkannya dengan literatur, hasil penelitian sebelumnya atau penelitian sejenis.
Ditulis dengan CAMBRIA MATH12, jarak antar baris 1,5 ------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------



KESIMPULAN (CAMBRIA MATH 12, BOLD, RATA TEPI)

Rumuskan simpulan berdasarkan hasil penelitian AndaSimpulan harus sesuai dengan tujuan penelitian dan rumusan masalah. Ditulis dengan CAMBRIA MATH12, jaraantar baris 1,5




KEPUSTAKAAN DAN SUMBER REFERENSI

Tuliskan semua sumber yang Anda gunakan/acu secara langsundalam penulisan artikel ini. Ditulis dengan CAMBRIA MATH12, jarak antar baris 1. Cara penulisan dapat melihat contoh berikut :

Alpen, 2011. Data Angin Untuk Perikanan Dibutuhkan. Diakses pada tanggal 5 Pebruary 2020 dari     http://www.alpensteel.com/article/55-114-artikel-non-energi/186--data- angin-untuk-perikanan-dibutuhkan.html

Laily Nur.  2006.  Identifikasi  Jenis-jenis  Ika Teleosteli  yan Tertangka Nelaya di WilayaPerairaPesisir Kota Semarang. Laporan PenelitianSemarang

Medanbisnisdayli.com 2019. Kompos Organik Jadi Alternatif Petani Tobasa. diakses 25 Desember 2019 dari http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2018/03/19/341153/kompos_organik_jadi_alternatif_petani_tobasa/
Sitorus, M. 2019 Mikroba Baik Penyubur Tanah (Biofertilizer). Diakses pada tanggal 22 Januari 2020 dari https://sitorus-marubat.blogspot.com/p/mikroba-sebagai-fertilizerorganik.html






NOTES!

FORMAT LAPORAN = ARTIKEL


FORMAT: A4, batas kiri daatas: 2,5 cm; batas kanan dabawah: 2 cm. JUMLAHALAMAN: ±10 halaman, Cover ditutup pastik transparan
Deskripsi setiap jenis dilampirkan; disertai dengan foto, klasifikasi, daDeskripsi (ditulis dengan CAMBRIA MATH 10, jarak baris 1/tunggal)

ARTIKEL 1 eks asli DIKUMPULKAN SEBELUM PRESENTASI




LINK CLASROOM BIOLOGI 12 SMAN 1 Sinar TOBA



Masuk ke Kelas biologi SMA N 1 Siantar Narumonda dari Link Klik disini
 https://classroom.google.com/h dengan kode kelas :

Select theme
Upload photo


MS IPA 4       Class code ilobzhq

https://classroom.google.com/u/0/c/NDk5ODYyMTgxMjVa

Select theme
URoom 12A4


Klik Link Berikut untuk Mengikuti Remidial Biologi Topik Metabolisme


   ۝

SOAL REMIDIAL METABOLISME
https://goo.gl/forms/L0DF01SZV3P8L52O2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih...